Seseorang Dengan Kepribadian ESTJ dan STEADINESS Bisa Menjadi Entrepreneur Sukses?

by - September 26, 2020

      Untuk mengetahui kepribadian diri, kita harus mengikuti 2 tes kepribadian seperti yang saya telah lakukan agar mengetahui cocok atau tidaknya kita menjadi seorang entrepreneur. Link untuk mengikuti 2 tes tersebut yaitu :        

                                        https://tes.anthonykusuma.com/16-kepribadian/tes

                                        https://tes.anthonykusuma.com/disc/tes

       Setelah mengikuti 2 tes tersebut barulah kita tau kepribadian sesuai karakter dari diri kita. Dari hasil saya sendiri setelah mengikuti tes tersebut hasilnya adalah kepribadian ESTJ dan STEADINESS.

                        https://tes.anthonykusuma.com/16-kepribadian/estj

                        https://tes.anthonykusuma.com/disc/steadiness

 Jadi, saya akan membahas ESTJ terlebih dahulu.

ESTJ adalah tipe kepribadian yang lebih suka berinteraksi dengan orang lain. Mereka bisa membaur dan meramaikan suasana ketika ikut dalam acara sosial. Mereka akan senang mengikuti acara terutama yang fokusnya terhadap keluarga, pekerjaan, atau komunitasnya.

→ Menurut pendapat saya kepribadian ESTJ sangat memiliki peluang yang besar untuk menjadi entrepreneur sukses karena memiliki jiwa kepemimpinan, pandai berbicara, senang berinteraksi dengan orang lain, dapat dipercaya dan diandalkan, serta fokus bila melakukan sesuatu pekerjaan. Dengan begitu seseorang yang memiliki kepribadian ESTJ akan jauh lebih baik dalam menjalankan suatu pekerjaan karna lebih tau gimana memanagenya dan lebih terarah.

 → Ciri-ciri kepribadian ESTJ

    ➤Praktis, realistis, berpegang pada fakta, dengan dorongan alamiah untuk bisnis dan mekanistis.

      ➤Sangat sistematis, procedural dan terencana.

      ➤Disiplin, on time dan pekerja keras.

      ➤Konservatif dan cenderung kaku.    

     ➤Tidak tertarik pada subject yang tidak berguna baginya, tapi dapat menyesuaikan diri jika diperlukan.

      ➤Senang mengorganisir sesuatu. Bisa menjadi administrator yang baik jika mereka ingat untuk memperhatikan perasaan dan perspektif orang lain.

 

Profesi yang cocok untuk kepribadian ESTJ

    Untuk seseorang yang memiliki kepribadian ESTJ mereka sangat cocok dengan profesi Militer, Manajer, Polisi, Hakim, Pengacara, Guru, Sales, Auditor, Akuntan, dan System Analyst.

 

 Selanjutnya saya akan membahas kepribadian STEADINESS. STEADINESS adalah bagian dari hasil tes kepribadian DISC (Dominance, Inspiring, Steadiness, Cheerful). Tipe kepribadian STEADINESS dikenal akan kestabilan, ketenangan, dan sikap easy going-nya. Mereka mementingkan teman dan keluarga, bahkan di atas dirinya sendiri. Dengan begitu seseorang yang memiliki kepribadian STEADINESS sangat berpotensi untuk menjadi entrepreneur sukses karena jika melakukan suatu pekerjaan orang yang memiliki kepribadian tersebut akan sangat mementingkan orang-orang yang ada disekitarnya seperti misalnya berlaku adil dalam suatu hal.


 → Hal yang Membuat Kepribadian STEADINESS Termotivasi

Pengakuan atas pengabdian dan tanggung jawab, keamanan dan keselamatan, tidak ada perubahan mendadak dalam prosedur atau gaya hidup, serta aktivitas yang bisa diselesaikan.

 

 Sesuai kepribadian ESTJ dan STEADINESS menurut saya sangatlah bisa untuk menjadi entrepreneur sukses karena memiliki kelebihan dari karakter kepribadian tersebut. karena jika kita ingin menjadi entrepreneur sangat penting memiliki karakter yang baik agar memberikan pengaruh positif pada orang disekitar. Dengan banyak nya kelebihan pada 2 kepribadian tersebut maka disaat usaha kita jatuh dan bangun berkali-kali bukanlah hal baru, jika Jatuh maka bangun lagi. Jatuh dan seterusnya akan tau bagaimana caranya bangun kembali.

 

 

 

 → Pembuatan artikel ini adalah sebagai tugas mata kuliah Kewirausahaan dari kampus Institut STIAMI  yang di bimbing oleh bapak Endra Marsudi, B.Ag., MBA

 

 

 

 

(Penulis : Devi Alfiani - CB191110210)

 

You May Also Like

0 Comments