Memulai Usaha Minuman Dengan BMC ( Business Model Canvas)

by - Oktober 10, 2020

 Hello everyone......

Berjumpa lagi di artikel saya😊, Nah kali ini saya akan membahas memulai usaha dengan menggunakan BMC (Business Model Canvas). Buat kalian yang masih belum tau apa sih BMC itu? BMC adalah suatu strategi manajemen yang digunakan untuk merancang perencanaan bisnis perusahaan berdasarkan proposisi nilai perusahaan, produk, infrastruktur, pelanggan, dan keuangan. Jadi, dengan adanya BMC ini kita lebih mudah untuk memulai usaha karena sudah tersusun strateginya.

Berikut adalah 9 elemen yang terdapat dalam Business Model Canvas pada usaha minuman yang saya buat serta penjelasan dalam penerapan kegiatan usahanya.


NOTE : KLIK GAMBAR AGAR TERBACA LEBIH JELAS

Dari gambar diatas itu adalah BMC usaha Signature Drink " Say Hello " karena kebetulan saya akan franchisee usaha minuman Signature Drink tersebut. Jadi saya buat BMC nya yang akan sesuai dengan perencanaan usaha saya. BMC ini memiliki 9 elemen yaitu :

1. Customer Segments  (Segmentasi Konsumen) 

Elemen pertama yang harus kalian miliki dalam memulai bisnis model kanvas ini adalah menentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis.

Sesuai pada gambar diatas, target pelanggan saya adalah Penghuni rumah susun rorotan, karyawan proyek sekitar rorotan-malaka, pegawai kantor, mahasiswa/i, anak sekolah, dan semua kalangan. Karena tempat usaha yang akan saya jalani kiosnya tepat berada didepan Rusun Rorotan dan lokasi tersebut sangat strategis untuk memulai usaha.

2. Value Proposition (Proposisis Nilai Konsumen)

Elemen ini adalah sekat yang merupakan keunggulan produk, apa saja sesungguhnya poin-poin yang dapat mendatangkan manfaat yang ditawarkan perusahaan bagi customer segment-nya.

Sesuai pada gambar diatas, Ada beberapa keunggulan pada produk usaha Signature Drink saya yang membuat beda dari minuman lainnya diantaranya :

→ Harga sangat terjangkau

→ Memiliki 8 varian rasa minuman

→ Memiliki 2 varian topping

3. Channels (Saluran)

Channel atau saluran adalah bagaimana kalian dapat menyampaikan produk kalian sehingga dapat dikenal oleh konsumen.

Untuk meyampaikan usaha Signature Drink saya dengan cara 2 hal, yaitu :

→ Dipromosikan melalui tim franchisor Signature Drink " Say Hello "

→ Order via WhatsApp, Instagram, Facebook, Gofood dan Grabfood.

4. Revenue Streams (Sumber pendapatan)

Revenue Stream merupakan bagian yang paling penting, di mana kita dapat memperoleh pendapatan dari pelanggan. 

Sesuai dengan gambar diatas saya mendapatkan sumber pendapatan yang diterima dari Modal pribadi dan dari hasil transaksi penjualan menu minuman yang dipesan baik itu secara langsung ataupun secara online. Selain itu saya juga mendapatkan hasil dari mengiklankan produk dari iklan brosur, pamflet dan banner.

5. Key Resource (Sumber Daya) 

Key Resource adalah sekat dalam bisnis model kanvas yang berisikan daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki perusahaan untuk mengembangkan atau mewujudkan value proposition usaha yang akan kita jalani.

Sesuai dengan gambar di atas, usaha Signature Drink ini memiliki sumber daya agar kegiatan usaha ini dapat berjalan dengan lancar, diantaranya:
→ Pegawai Barista yang sekaligus sebagai kasir 
→ Kios dan Booth
→ Peralatan dan perlengkapan minuman
 
6. Customer Relationship (Hubungan Konsumen)
Elemen ini yang merupakan dimana perusahaan dapat menjalin ikatan dengan pelanggannya.
 
Sesuai pada gambar, untuk menjadi pembeda dengan usaha Signature Drink lainnya, saya membuat strategi untuk menarik minat dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan Signature Drink " Say Hello ". Berikut merupakan strategi saya dalam menjaga hubungan kepada konsumen diantaranya :
→ Free Wifi
→ Promo Buy 1 get 1
→ Setiap pembelian minuman mendapat 1 kupon yang akan dicap Free ketika terkumpul 10 kupon
 
7. Key Activities (Aktivitas yang dijalankan)
Key activities ini adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas bisnis yang berkaitan dengan sebuah produk, di mana kegiatan utamanya adalah menghasilkan proposisi nilai.
 
Sesuai pada gambar, Agar kegiatan usaha minuman Signature Drink saya dapat berjalan dan mendapat laba/profit yang pastinya saya memiliki kegiatan usaha yang diantaranya :
→ Menyediakan minuman dengan sesuai MENU
→ Mengelola usaha sebagai kasir dan barista yang melayani pembeli dengan baik
→ Memposting produk usaha Signature Drink saya melalui Marketing digital/sosial media agar pengguna aktif sosial media tertarik dengan produk yang saya jual.    
 
8. Key Partnership (Kerjasama) 
Elemen ini berfungsi untuk pengorganisasian aliran suatu barang lainnya. 
 
Sesuai pada gambar, untuk menambah para konsumen agar membeli produk saya, dibutuhkan kerja sama dari pihak luar, diantaranya :
→ Kerjasama dengan tukang parkir ketika pembeli akan segera pulang agar diingatkan kembali membeli Signature Drink saya.
→ Kerjasama dengan Food vlogger untuk memperkenalkan tempat minuman/produk minuman Signature Drink saya degan membuatkan konten Channel Youtube ataupun             menyebarluaskan produk saya di sosial media lainnya.
→ Adanya kerjasama dengan pihak Grab dan Gojek sebagai perantara pembeli yang memesan melalui aplikasinya/tidak makan ditempat.
 
9. Cost Structure (Struktur Biaya)
Elemen terakhir yang tak kalah penting dengan kedelapan elemen di atas adalah struktur pembiayaan bisnis.
 
Sesuai pada gambar di atas, terakhir dibutuhkan sebuah strukur biaya untuk mengelola modal kita dalam menjalankan usaha tersebut diantaranya : 
→ Bahan baku minuman
→ Biaya sewa tempat/kios
→ Biaya Listrik dan air
→ Biaya Wifi


Sekian pembahasan dan penjelasan BMC mengenai usaha minuman yang saya buat. Semoga bermanfaat untuk kalian semua yaaaa......see youu!





Pembuatan artikel ini adalah sebagai tugas mata kuliah Kewirausahaan dari kampus Institut STIAMI  yang di bimbing oleh bapak Endra Marsudi, B.Ag., MBA


 


 

 


You May Also Like

0 Comments